Selasa, 28 Februari 2012

Angin


ANGIN

A.      Pengertian Angin secara umum dan berdasarkan pendapat para ahli
1.      Secara umum : Massa udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan maksimum ke daerah yang  bertekanan  minimum
2.      Menurut Buyz Ballot : Massa udara lepas yang segar dari daerah yang bertekanan maksimum ke daerah yang  bertekanan  minimum

B.      Faktor yang mempengaruhi kecepatan angin sebagai berikut:
1.      Bentuk relief permukaan bumi.
2.      Ada tidaknya tekanan
3.      Ketinggian angin bertiup di muka bumi
4.      Besar kecilnya gradien barometric

C.      Alat mengukur kecepatan angin
Alat yang digunakan oleh para ahlinya ialah Anemometer dengan satuan meter/detik (knot)

D.      Berdasarkan pola pergerakannya jenis angin di dunia dibagi 3 yaitu :
1.      Angin Tetap
          Arah tiupan angin tetap sepanjang tahun tidak berganti-ganti.                     beberapa contoh angin tetap:
a. Angin Pasat      
b.Angin AntiPasat                                                                                                                                                                                                  c. Angin Barat
d. Angin Timur          
2.       Angin Periodik
          Angin yang bergerak berganti arah setiap waktu tertentu.
Angin ini terjadi karena faktor suhu  udara yang tidak tetap sepanjang tahun.
Beberapa contoh Angin Periodik :
a.Angin Muson
b.Angin Laut 
3.      Angin Setempat/angin lokal
Angin yang terjadi pada daerah tertentu dalam waktu tertentu pula.
Beberapa contoh yang kami analisa sebagai berikut:
a.      Angin Siklon
Angin yang terjadi karena didaerah depresi / dibawah permukaan air laut. Contoh beberapa angin siklon di dunia yaitu :
a. Angin Taifun
b. Angin Huriccane di Hindia Barat
c.  Angin Tornado di Timur Pegunungan Rocky
b.      Angin Anti Antisiklon
Terjadi karena kompresi tinggi dan terjadi karena tekanan udara maksimum di kelilingi oleh daerah tekanan udara yang minimum. Jadi perputaran udara arahnya keluartidak kedalam / memusat.
c.       Angin Bora:
Angin yang beriup bersifat kering tetapi dingin.
Contoh – contoh Angin Bora : 
1.    Angin Bize yang terdapat di sebelah seletan kaki gunung Yura di Eropa
2.    Angin Mistral yang terdapat dipantai laut tengah dan wilayah Francis bagian selatan
d.      Angin Bizard
Angin yang bertiup ditepi daerah bertekanan udara maksimum. Terkenal dengan sebutan Topan Salju. Beberapa contoh bangin bizard :
1.      Angin Burau di daerah Rusia bagian Selatan dan Siberia.
2.      Angin Ufa didaerah pegunungan Ural batas alam dengan Benua Asia dan eropa.
e.       Angin Fohn
Angin  yang bertiup kencang bersifat kering dan panas. Contohnya  : Dilereng Pegunungan Alpen sebelah Utara Swiss yang mencairkan salju tiba-tiba.

E.       Jenis angin yang ada di Indonesia
1.      Angin Musim
Angin yang berhembus satu kali enam bulan / berganti arah.
v  Angin Musim Barat : berasal dari samudra  Hindia sebelah barat  Pulau Sumatera menuju Benua Australia /angin berhembus dari barat ke timur terjadi akhir September sampai bulan Maret bersifat basah.
v  Angin Musim Timur : berasal dari benua Australia menuju Samudra Hindia yang berasal dari benua Australia menuju Samudra Hindia yang berlangsung akhir bulan Maret  sampai dengan September.
2.      Angin Khatulistiwa
Angin yang bertiup secara tegak naik didaerah dua angin pasat dari daerah sub tropis selatan.
3.      Angin Lokal Setempat
·        Angin darat  yaitu angin yang bertiup dari darat ke laut yang terjadi pada malam hari.
Sifat daratan yang cepat menerima panas dan juga dingin sehingga daratan bersifat maksimum dan lautan bersifat minimum.









·        Angin Laut yaitu angin yang bertiup dari laut ke darat yang terjadi pada siang hari.
Sifat lautan yang lambat menerima panas dan juga dingin sehingga lautan bersifat minumum dan daratan bersifat maksimum.










4.      Angin Lembah
Angin yang bertiup dari lembah menuju ke gunung terjadi pada siang hari, Pada saat itu daerah daerah lereng dan puncak gunung mendapat penyinaran matahari lebih awal.












5.      Angin Gunung
Angin yang bertiup dari gunung menuju ke lembah yang terjadi pada malam hari.











6.      Angin Fohn
Angin yang turun dari pegunungan bersifat kering panas dan merusak tanaman di Bumi.
Nama Angin Fohn di Beberapa Daerah
No
Nama Angin
Sifat
Daerah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Bahorok
Kumbang
Gending
Brubu
Wambrau
Chinoo
Hatmattan
Khamsin
Bora
Mistarik
Panas Kering
Panas
Panas
Panas
Panas
Panas Kering
Panas Kering
Panas Kering
Dingin
Dingin
Deli (Sumatera Utara)
Cirebon
Probolinggo (Jawa Timur)
Ujung Pandang
Pulau Biak
Albert (Kanada)
Sahara ke arah Pantai Guinea
Mesir
Pantai Adriatik (Yugoslavia)
Lembah Rhone Hilir (Francis)

7.      Angin Bahorok
Sejenis angin berembus di dataran rendah Bahorok Deli (Sumatra Utara) banyak merusak tanaman seperti Tembakau    
8.      Angin Kumbang
Bertiup di daerah Cirebon (Jawa Barat) berasal dari angin Muson tenggara angin ini bergerak menaiki pegunungan dan turun menjadi angin bersuhu panas dan kering.

9.      Angin Gending
Angin yang bertiup di daerah gending Probolinggo (Jawa Timur) semula berupa angin muson yang basah diantara pegunungan Lamongan dan Tengger kemudian turun bersifat panas dan kering.
10.  Angin Brubu
Angin yang bertiup di daerah Brubu-Ujung Pandang (Sulawesi Selatan) semula berupa angin tenggara banyak mengandung uap air bergerak naik sebelah timur Makasar turun kelereng bersifat panas dan kering.
11.  Angin Wambrau
Angin yang bertiup di daerah Biak (Papua) berasal dari angin Muson Tenggara.


Kelompok I :
Ketua  : Ahmad Rizaldy Rahaman
Anggota           : Reska Mardiana
                         Nia Noferiska
                         Eko Nur Sucianto
                         Randu Jenit Rigana





Selesai

Senin, 27 Februari 2012

quiz everiday

KUMPULAN SOAL KUIS HARIAN

    How many three-digit numbers satisfy all of the following:
    The sum of the tens digit and the units digit is 9
    The number is even
    The number is a multiple of 3
    At BMW Secondary School, there are exactly 1000 students and 1000 lockers. The lockers are numbered in order from 1 to 1000. On April Fool’s Day the students played the following prank. The first student to enter the building opened every locker. The second student closed every locker that had an even number. The third student changed every third locker, closing those that were open and opening those that were closed. The fourth student changed every fourth locker, and so on. After all 1000 students passed through the locker room, how many locker were open?
    At BMW Secondary School, there are exactly 1000 students and 1000 lockers. The lockers are numbered in order from 1 to 1000. On April Fool’s Day the students played the following prank. The first student to enter the building opened every locker. The second student closed every locker that had an even number. The third student changed every third locker, closing those that were open and opening those that were closed. The fourth student changed every fourth locker, and so on. After all 1000 students passed through the locker room, how many students changed locker 432?
    In one game of darts, 9, 7, and 3 are the only possible scores on one throw. What is the smallest number of throws needed to score exactly 31 points?
    The symbol 3! means 3×2×1, which equals 6. Similarly, 5! means 5×4×3×2×1, which equals 120, and so on. Suppose that N! ends in exactly 3 zeroes after fully multiplying out. What is the smallest value that N can have? (Note: 120 ends in 1 zero, 10030000 ends in 4 zeroes)
    Find the number of even positive divisors of 9!.
    In how many consecutive zeroes does 2008! end?
    Find all ordered triples of positive integers (a,b,c) such that
a+1/(b+1/c)=9,5
    By placing a 3 at both ends of a number, its value is increased by 34215. What is the sum of the digits of the original number?
    It is given that a is a prime number and b is an odd number. If a^2+b^2=125, and b>0, find a and b.
    The display of a digital clock is of the form MM : DD : HH : mm, that is, Month : Day : Hour : minute. The display ranges are
    Month (MM) from 01 to 12
    Day (DD) from 01 to 31
    Hour (HH) from 00 to 23
    Minute (mm) from 00 to 59
How many times in the year 2008 does the display show a palindrome? (A palindrome is a number which is read the same forward as backward. Examples, 12 : 31 : 13 : 21 and 01 : 02 : 20 : 10)

Jumat, 24 Februari 2012


APLIKASI PENGALAMAN AL-QUR’AN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (IBADAH/MUAMALAH)

Tiga unsur pokok Ibadah:
1.  Upaya sadar untuk menundukkan diri kepada Allah.
2.  Dilaksanakan sesuai dengan aturan Allah.
3.  Orang yang melaksanakannya ber-TAUHID; berkeyakinan terhadap ke-Esa-an Allah, baik dari segi dzat, sifat maupun perbuatan.

Secara garis besar Ibadah itu dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1.  Al-Ibadah al-khashshah
-        Aturan rincinya tertuang dalam al-Qur’an dan Hadis

2.  Al-Ibadah al-Ammah
-        Aturannya bersifat umum dalam QH; ex. Doa; menolong orang, dsb.

Jika berbenturan antara keduanya dalam waktu yang sama, maka yang diutamakan ibadah khassah. Namun, dalam kondisi tertentu (dharurah) bisa diutamakan yang ammah dari yang khashshah.

Dari aspek ketergantungan pelaksanaan ibadah dengan media, maka Ibadah dibagi menjadi:
1.  Ibadah maliyah; ex. zakat
2.  Ibadah badaniyah; ex. shalat
3.  Ibadah maliyah dan badaniyah; ex. Haji

UNTUK APA IBADAH?
Ibadah tidak saja untuk ukhrawi, tetapi juga untuk dunia.
Jadi IBADAHA adalah KEBUTUHAN.

Ada tiga kebutuhan untuk ibadah:
1.  Tathmainnul qulub تطمئن القلوب (untuk memperoleh puncak ketenangan)
2.  Untuk membuang dosa masa lampau.
3.  Memperbaiki sikap/akhlak.
ã@ø?$# !$tB zÓÇrré& y7øs9Î) šÆÏB É=»tGÅ3ø9$# ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ( žcÎ) no4qn=¢Á9$# 4sS÷Zs? ÇÆtã Ïä!$t±ósxÿø9$# ̍s3ZßJø9$#ur 3 ãø.Ï%s!ur «!$# çŽt9ò2r& 3 ª!$#ur ÞOn=÷ètƒ $tB tbqãèoYóÁs? ÇÍÎÈ
45.  Bacalah apa yang Telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan Dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Qs. Al-Ankabut)

4sS÷Zs? : Fi’il Mudhari’
Tidak otomatis; kuncinya ada dua: MAU dan MAMPU.

Misal: SHALAT
Shalat bukan saja dilaksanakan, tetapi MENDIRIKAN.
Fi’lushshalat  فعل الصلاة hanya sekedar rukun shalat semata.
Iqamishshalat  اقام الصلاة ada tiga komponen pokok yang harus dipenuhi:
1.    Jismiyyatan; جسمية  (lahiriah): rukun fi’li dan qauli.
2.    Ruhiyyatan; رحية tidak bisa dilihat dan didengar, tetapi harus ada:
a.     الاخلاص في النية keikhlasan dalam berniat. Keikhlasan tidak diukur dari gerak bibir, tetapi dari HATI. Kata kuncinya: SEMATA-MATA KARENA ALLAH.
b.    Khusyu’ خشوع
(#qãZŠÏètFó$#ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ Ío4qn=¢Á9$#ur 4 $pk¨XÎ)ur îouŽÎ7s3s9 žwÎ) n?tã tûüÏèϱ»sƒø:$# ÇÍÎÈ tûïÏ%©!$# tbqZÝàtƒ Nåk¨Xr& (#qà)»n=B öNÍkÍh5u öNßg¯Rr&ur Ïmøs9Î) tbqãèÅ_ºu ÇÍÏÈ
45.  Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',
46.  (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (Qs. Al-Baqarah ayat 45-46)

c.      Hudhurulqalbi  حضور القلب (dalam al-Qur'an disebut ZIKIR) atau hadirnya ingatan kepada Allah. Yang sulit mempertahankannya استمرار حضور القلب.
Ada tiga usaha maksimal untuk mempertahankannya dalam shalat:
1.     Matangkan persiapan sebelum shalat didirikan
a.     Kesucian:
1)    Badan
Al-Maidah ayat 6: terdapat prinsip agar berwudhusetiap hendak menunaikan shalat. Maka ulama sepakat paling tidak sunnah hukumnya memperbaharui wudhu setiap hendak shalat meskipun ia yakin masih suci.
2)    Pakaian
3)    Tempat
4)    Hati
5)    Pikiran  
b.      Persiapan pakaian
Bukan persoalan lengkapnya, tetapi cara memakainya.
c.       Persiapan waktu
افضل الصلاة في اول وقتها
2.      Hindari segala kemungkinan yang mengganggu sepanjang pelaksanaan shalat. Ada tiga yang dapat mengganggu:
a.     Lengket di pikiran
Salah satu hikmah menyapu kepala مسح الرءس adalah membuang jauh segala persoalan duniawi yang lengket pada pikiran karena ingin menghadap Allah.
b.    Lengket di badan
Sep, HP, uang recehan, dll.
c.     Berada di sekitar kita
Ex. Suara TV, radio, dll.
3.    Pahami maksud bacaan dan gerakan shalat
3.     Hakikiyatan (mendirikan shalat secara substansial atau menurut hakikatnya).
Substansi mendirikan shalat: اعلان الحاجات الى الله mencurahkan hasrat hati kepada Allah.

DISKUSI:
1.   Syafaruddin, SMP Islam al-Ishlah Bukittinggi
Al-Ankabut ayat 45 tidak terealisasi karena?
“orang yang dijaga Allah adalah orang yang ibadahnya DITERIMA oleh Allah”.
J: Muara dari criteria di atas sesungguhnya kepada penerimaan Allah kepada shalat itu.

2.   Zulkifli, SMP 4 Bukittinggi
Pelaksanaan Niat: qasad taarat ta’ayyun; zhanni atau qath’i.
Hanafiah          : niat tidak salah satu rukun
               Sebab segala sesuatu yang akan dilakukan itu adalah niat.
Syafiiyah: niat menjadi salah satu rukun
 Niat itu punya jenjang.
1.     Al-Hammu, suatu keinginan yang terlintas di hati.
2.     Al-Iradah, suatu keinginan kuat.
“Bila kamu ingin melakukan sesuatu pada tingkat keinginan yang kuat, maka pertimbangkanlah akibat yang akan terjadi, jika baik lanjutkan jika tidak hentikan.”
3.     Al-Azmu, (Qs. Ali Imran 159); jika sampai pada tingkat ini maka bertawakkal kepada Allah.
4.     Al-qasdu, suatu kesengajaan untuk memulainya. Inilah NIAT.


Tayammum:
Bahan: Jika tidak ada debu kasar, maka debu halus pun bisa digunakan.
Cara tayammum ganti wudhu dan junub sama anggotanya.

Muka:
1.  Garis lintang: bainal udzunain
2.  Garis vertical: mulai dari tumbuh rambut dalam ukuran normal (ghaliban) hingga dagu.
Tangan:
Tiga pendapat ttg batasan tangan dalam bertayammum:
1.  Jumhur Ulama (termasuk Imam yang 4); batas tangan adalah sampai siku. Alasannya dengan mengkiaskannya dengan batas tangan yang dibasuh ketika wudhu’. Sebab tayammum adalah ganti wudhu’ dan pada wudhu’ sudah disebutkan batasannya hingga siku; jadi tidak perlu disebutkan batasannya pada cara bertayammum.
2.  Imam al-Auza’i (Bermazhab Hanafi); Batasnya hingga pergelangan tangan (ilal qau’un). Alasannya mengkiaskannya pada perintah Allah kepada Musa untuk memasukkan tangan ke saku baju. Jika ke saku, maka batas maksimalnya tentu hingga pergelangan tangan saja.
3.  Imam az-Zhuhri (Ahlu Zhohiry); batasnya al-Ibth   الابط(ketiak); sebab definisi umum tentang tangan adalah dari ujung jari hingga ketiak (batas bahu). Jika wudhu punya batas, maka batasilah hingga siku. Namun bertayammum jangan batasi, sapu semuanya.

Namun yang populer adalah pendapat Jumhur Ulama diperkuat dengan hadis yang diterangkan oleh Aisyah bahwa Nabi bertayammum menyapu muka dan tangan hingga siku.

Tanya: Syafaruddin, SMP I al-Ishlah.
1.  Bagaimana “curhat” kepada Allah itu?
2.  Pendapat al-Auza’i tentang batasan tangan dalam bertayammum sangat lemah sekali.
Jwb:
Setiap nabi yang ada dalam al-Qur’an sesungguhnya menjadi syari’at Islam.

Curhat pada Allah ada dua cara:
1.  Dengan bacaan shalat
2.  Dengan gerakan shalat

Maka kita mesti memahami makna bacaan dan gerakan shalat tersebut.

Contoh:
1.  Ketika membaca alhamdulillahirabbil’alamin, (dalam al-Fatihah itu hanya ada dua: IKRAR/Pengakuan dan DOA); maknanya tidak mengharapkan pujian dari siapa-siapa; maka implementasinya ia akan ikhlas dalam berbuat, terhindar dari sombong.
2.  Ketika mengangkat tangan (takbir), maknanya adalah penghormatan tertinggi kepada Allah (sabaleh jo kapalo).
3.  Semua ayat al-Qur’an pasti terkait dengan Allah.

Yalmianto, SMPN 1 Linggosaribaganti
1.  Tips menghilangkan pikiran yang melayang2 dalam shalat agar khusyu’.
2.  Tafsiran al-Maidah ayat 6; terutama membasuh tangan, dari ujung jari ke siku, atau boleh sebaliknya?

Jwb:

Khusyu’ dalam al-Baqarah ayat 46:
a.  Yakin ia bertemu dengan Allah
b. Yakin ia akan kembali kepada Allah untuk mempertanggungjawab segala perbuatannya.
Maka khusyu’ adalah konsentrasi, bersungguh-sungguh, baiyo bana, ….

Kiatnya, kembali pada penjelasan awal (di atas!).
Yang dituntut oleh Allah sesungguhnya adalah USAHA MAKSIMAL. Seberapa tinggi kekhusyukan shalat seseorang hanya diketahui oleh Allah dan dinilai-Nya sesuai usaha maksimalnya; intinya pada PROSES.


Membasuh tangan ketika wudhu’:
Pemakaian ila dari ayat itu bukan dari-ke tetapi batasan.
Ila bermakna ghayah dan intihail ghayah
Ghayah berarti batasan
Intihail ghayah berarti siku mesti basah.

Syukriati, SMPN 1 Tilatang Kamang.
1.  Qs. Al-maidah ayat 6; arjulakum (mutawatir) bisa dibaca pula arjulikum (qiraatnya saz). Karena arjulakum mutawatir, maka tetap dijadikan dasar hukum, sedangkan arjulikum, tidak bisa dijadikan sebagai dasar hukum.
Namun imam Syi’ah mengambil arjulikum sebagai dasar hukum sehingga disapu karena athaf kepada wamsahu…

Rasyid Ridha; malah memakai keduanya sehingga kaki dibasuh sekaligus disapu.

Afrin, SMPN 1 Bonjol
Waiydiyakum ilalmarafiq memang dari ujung jari hingga siku; terutama untuk kehati-hatian.

Jwb: Yang jelasnya tidak ada dalam tafsir penegasan harus dari ujung jari hingga ke siku. Namun jika ada pendapat kehati-hatian tidak masalah.

Darmawi, SMPN 8 Kotobaru Dharmasraya
Tanya:
1.   Hikmah harus debu kering lagi suci (shaidan tayyiba) dalam bertayammum?
2.  Mandi wajib langsung wudhu’, bolehkah?

Jwb:
1.  Semua yang disuruh Allah PASTI baik; jika dilarang PASTI buruk. Debu tanah perlu diteliti untuk membuktikan keutamaannya dari pada debu lain.
Salah seorang doctor AS meneliti tanah sebagai alat mencuci jilatan anjing dengan deterjen lain. Hasilnya, ada zat di dalam jilatan itu sulit dihilangkan dengan deterjen tetapi mudah dihilangkan dengan tanah; jadi perlu unsure tanah menghilangkannya.

Tayammum bukan membersihkan yang kotor, tetapi menghilangkan hadas.

2.  Cukupkah mandi wajib menghilangkan hadas besar dan kecil sekaligus?
Hanafiah; mandi wajib bisa mengangkat kedua hadas tersebut.

Syafi’i: mandi wajib hanya mengangkat mandi wajib, sedangkan hadas kecil hanya diangkat oleh wudhu’. Jadi antara keduanya berbeda fungsi.

Tanya:
Syukri Lubis, SMPN 6 Kab. Solok
1.  Tidak terealisasinya akhlak yang baik sebagai efek dari shalat/ibadah tidak saja karena MAU dan MAMPU tetapi perlu Kesesuaian dengan SUNNAH NABI SAW.
2.  Bolehkah kita pakai konsep IHSAN untuk mencapai khusyu’?
Jwb:
1.  Kesesuaian dengan aturan (sunnah) sesungguhnya termasuk dalam kategori MAMPU.
2.  Untuk khusyu’ memang harus menerapkan konsep IHSAN. Tetapi di sana ada kata kaannaka, jangan sampai membayangkan. Ka’annaka tidak memberi peluang kepada kita untuk membayangkan wujud Allah.

Ajizandri, SMP 4 Kota Solok
1.  Dalam buku “Mengenal Allah”, seluruh rangkaian ibadah kepada Allah muaranya adalah mengenal Allah.
2.  Qs. At-Taubah ayat 84; tafsirnya?
Ÿwur Èe@|Áè? #n?tã 7tnr& Nåk÷]ÏiB |N$¨B #Yt/r& Ÿwur öNà)s? 4n?tã ÿ¾ÍnÎŽö9s% ( öNåk¨XÎ) (#rãxÿx. «!$$Î/ ¾Ï&Î!qßuur (#qè?$tBur öNèdur šcqà)Å¡»sù ÇÑÍÈ
Dan janganlah kamu sekali-kali menyembahyangkan (jenazah) seorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendoakan) di kuburnya. Sesungguhnya mereka Telah kafir kepada Allah dan rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik. At-Taubah: 84



Pemahamannya:
1.     Jika ada keyakinannya bahwa shalat itu tidak wajib dan memusuhi Islam, meskipun ia beragama Islam.
2.     Dia Islam dan pernah shalat lalu ia mati ketika tidak lagi mau shalat, maka ia tetap dishalatkan.


Afti Arini, SMPN 1 Baso

1.   Adanya perbedaan qiblat, dulunya sudah di ukur, lalu datang imam dengan menukar arahnya; haruskah makmum mengikutinya? Jika tidak bagaimana?
Jwb:
Semua ulama sepakat bahwa menghadap qiblat menjadi syarat sah shalat. Namun arah qiblat merupakan persoalan ijtihadi. Karena ijtihadi, maka perlu kesepakatan/musyawarah.

Ismet, SMPN 2 Padangpanjang
1.   Jika anak mengganggu dalam shalat orang tuanya, apa hukumnya?
2.   Mandi tanpa berbusana, bolehkah?
3.   Makna nisa'ukum hartsullakum?

Jwb:
1.   Jika si anak bernajis, maka orang tua itu akan terkontaminasi dengan najis tersebut sehingga menjadi batal. Jika tidak bernajis, maka tidak perlu diulang, seperti Rasulullah SAW yang dinaiki oleh cucunya. Boleh bergeser jika si anak dalam keadaan bahaya, umpamanya di tempat sujud.
2.   Hukum bugil:
Fiqih: sepanjang di dalam ruangan tertutup tidak ada peluang dipandang oleh semua orang, maka tidak terlarang.

Sufi: tidak boleh, karena batal muru'ahnya.

Fiqh terkait dengan perbuatan manusia, sedangkan sufi terkait dengan dirinya sendiri, bahkan kepada Allah dan Malaikat.

3.   Hartsullakum: lahan pertanian/garapan. Annasyi'tum, bagaimana pun yang engkau senangi. Ada hadis jika dari belakang, maka anak akan joleng!